Akhirnya setelah mencari-cari dan membaca informasi selama dua hari berturut tentang cara mengupgrade Motorola E398 ke ROKR, gue berhasil juga mengupgrade hp gue ke ROKR. Ternyata prosesnya ga sesulit dan juga ga seseram yang gue bayangin. Prosesnya makan waktu selama kurang lebih 1 jam, ada dua proses utama buat upgrade E398 ke ROKR yaitu proses backup isi hp dan firmware yang lama kemudian satu lagi adalah proses flashing E398 (menghapus firmware yang lama dan diganti dengan yang baru).

Tadinya gue sempet khawatir dengan proses upgrade ini karena dari beberapa artikel yang gue baca, ada kemungkinan hp kita akan matot alias mati total kalo misalnya kita salah langkah waktu mengupgrade. Tapi alhamdulillah waktu gue upgrade semuanya lancar-lancar aja tanpa ada hambatan yang berarti.

Untuk bisa melakukan proses upgrade ini kita harus mendownload beberapa software yang digunakan untuk proses backup data serta untuk flashing hp kita. Kebetulan hp gue diupgrade pake Monster Pack (MP) MostWantedSE..sesuai judulnya MP ini based-on game Need For Speed Most Wanted. Pokoknya hp gue jadi makin keren pake MP ini..grafisnya bener-bener keren..struktur menunya berubah, icon-iconnya pun berubah. Cuma sayang kualitas suara MP ini kurang begitu bagus.

Dengan diupgradenya hp E398 ke ROKR, ada banyak fasilitas baru yang bisa dinikmatin. Yang paling terasa adalah skarang ada fasilitas buat unlimited video recording (kalo dulu video recording malah ga ada), bisa dengerin mp3 pake iTunes (dah serasa kaya’ iPod aja :D :D). Tapi untuk bisa menggunakan iTunes kita harus melakukan beberapa modifikasi dulu dengan program khusus.

Kalo kalian berencana upgrade E398 ke ROKR, coba baca tutorialnya di http://mirror.softcox.com/e398-to-ROKR, jangan lupa untuk mendownload semua program yang dibutuhkan untuk mengupgrade ke ROKR.

Thx banget buat ForumPonsel.com, Motomodders.net, Kaskus.com, Google.com dan semua penulis tutorial yang kmaren gue baca. Keep on modding ;).

Karena banyak yang nanya tentang di mana download program PST, nich gue kasih linknya:
PDS BackUp 2.3

http://rapidshare.de/files/18318309/FlashBackup_2.3.rar.html

PST 7.1.1

http://rapidshare.de/files/18959998/PST_7.1.1.zip.html